Museum Tsunami Aceh - KAWASAN.info
Wisata

7 Fakta Tentang Museum Tsunami di Aceh

Informasi Kawasan Wisata Indonesia – Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar museum Tsunami? pastinya, itu adalah sebuah bangunan untuk mengenang peristiwa Tsunami yang terjadi belasan tahun yang lalu. Memang benar, museum ini memang dibangun untuk tujuan itu. Namun, apa Anda tahu mengenai Fakta Tentang Museum Tsunami di Aceh lainnya? Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut sedikit ulasannya.

Museum Tsunami Aceh - KAWASAN.info
Museum Tsunami Aceh. Photo: tempatwisata.pro

Ini Lho 7 Fakta Tentang Museum Tsunami Di Aceh!

Bukan karena tujuannya untuk  mengenang peristiwa Tsunami saja. Pembangunan museum ini juga tak terlepas dari sejumlah fakta yang menyertai pendiriannya. Baik itu sebagai bangunan memorial ataupun sebagi tempat perlindungan. Nah, jika Anda belum tahu mengenai Fakta Tentang Museum Tsunami di Aceh secara keseluruhannya.

  1. Dibangun Untuk Mengenang Peristiwa Tsunami
    Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa museum Tsunami di Banda Aceh ini didirikan untuk mengenang peristiwa yang memakan korban hingga ratusan ribu jiwa tersebut. Bukan itu saja, bangunan museum ini juga ditujukan sebagai penghormatan terhadap seluruh korban Tsunami Aceh. Yang terjadi tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 lalu.

  2. Dirancang Oleh Ridwan Kamil
    Fakta tentang museum Tsunami di Aceh lainnya yaitu museum ini dirancang oleh arsitek asal Bandung, Ridwan Kamil. Dimana saat itu, Ridwan Kamil masih berstatus sebagai dosen arsitektur di Institut Teknologi Bandung. Seperti yang diketahui, beberapa tahun setelah pembangunan museum tersebut, Ridwan Kamil menjabat sebagai walikota Bandung. Sebelum akhirnya, beliau terpilih sebagai gubernur Jawa Barat.

    Alasan mengapa akhirnya beliau terpilih untuk merancang museum ini adalah, karena saat itu, Ridwan Kamil memenangkan sayembara untuk merancang museum Tsunami ini. Dimana sayembara tersebut diadakan oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nanggroe Aceh Darusalam – Nias (BRR NAD-NIAS). Yang diadakan pada tanggal 17 Agustus 2007. Museum Tsunami Aceh ini resmi dibuka pada tanggal 8 Mei 2009.

  3. Menghabiskan Dana Sekitar 140 Milyar Rupiah
    Salah satu Fakta Tentang Museum Tsunami di Aceh adalah anggaran yang dihabiskan dalam pembangunannya. Diperkirakan, dana yang dihabiskan untuk membangun museum Tsunami ini yaitu sekitar 140 Milyar Rupiah, dimana pembangunannya sendiri diprakarsai oleh BRR NAD-NIAS.

  4. Nama-Nama Korban di Abadikan Dalam Ruang Khusus
    Di dalam museum Tsunami ini terdiri dari berbagai ruangan. Yang salah satunya adalah ruang yang bernama space of sorrow. Fakta Tentang Museum Tsunami di Aceh mengenai ruangan ini adalah adanya nama-nama korban Tsunami yang dituliskan dalam dinding ruangan hingga atap bangunan.

  5. Eksterior Bangunan Yang Unik
    Selain memiliki banyak ruang, jika dilihat dari luar, museum Tsunami ini memniliki eksterior bangunan yang unik dan menarik. Dimana, jika Anda melihat museum ini dari atas, maka akan terlihat seperti gelombang Tunami. Sementara , jika Anda melihatnya dari samping, akan terlihat seperti sebuah kapal.

  6. Adanya Ruangan Space Of  Fear
    Ruangan space of fear ini dimaksudkan agar pengunjung bisa sedikit merasakan ketegangan dan kepanikan yang dialami pada saat peristiwa Tsunami ini berlangsung. Dimana dalam ruangan ini, akan terlihat beberapa gemericik air, yang ada dalam ruangan sempit tersebut.

    Dengan suasana seperti itu, diharapkan pengunjung bisa sedikit merasakan apa yang terjadi pada tahun 2004 yang lalu tersebut. Meskipun memang, peristiwa sebenarnya lebih dahsyat dan lebih menakutkan dibandingkan dengan yang diilustrasikan dalam ruangan space of fear ini.

  7. Sebagai Tempat Untuk Berlindung
    Selain sebagai museum, bangunan ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berlindung. Seandainya peristiwa serupa terjadi kembali. Untuk merealisasikan hal itu, dalam bangunan museum ini dibuat sebuah taman berbentuk bukit, yang bisa dijadikan tempat berlindung.

Karena fungsinya tersebut, maka tak heran, jika museum Tsunami Aceh ini juga sering disebut sebagai Rumoh Aceh Escape Hill. Yang berarti rumah perlindungan Aceh. Selain itu, agar tidak menghilangkan ciri khas dari budaya Banda Aceh, di lantai dasar museum, didesain menyerupai rumah panggung Aceh.

Demikian beberapa Fakta Tentang Museum Tsunami di Banda Aceh yang patut Anda ketahui. Apa Anda pernah mengunjungi museum yang satu ini? jika Anda tinggal disekitar lokasi museum ini berada, tak ada salahnya jika Anda sekali-kali untuk mengunjunginya. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan, juga untuk mengenang dan memperoleh gambaran mengenai peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *