Fakta Unik Kepulauan Seribu - KAWASAN.info
Wisata

6 Fakta Unik Kepulauan Seribu, Eh Ada Monas di Laut!

Sebagai satu-satunya kabupaten di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ternyata Kepulauan Seribu memiliki beberapa Fakta Unik Kepulauan Seribu yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Selain karena saking banyaknya pulau disana, lalu latar belakang masing-masing pulau, ada apa aja sih fakta dibalik pulau unik tersebut? Simak yuk.

Berikut 6 Fakta Unik Kepulauan Seribu

  1. Sejarah Lama di Pulau Onrust
    Fakta unik Kepulauan Seribu pertama adalah bahwa pulau yang bernama Onrust ini berasal dari Bahasa Belanda yang artinya tidak pernah beristirahat. Sejak kedatangan pertama pasukan VOC ke Batavia (nama dulu Jakarta) pada tahun 1610 dan berhasil menaklukan Jayakarta pada tahun 1610. Onrust adalah tempat VOC membuat kapal. Selama tahun 1911-1913 ternyata eh ternyata pulau ini pernah menjadi tempat karantina Jamaah Haji yang pulang dari Arab Saudi ke wilayah Hindia Belanda (nama Indonesia jaman dulu).

  2. Makam Raja dan Ulama di Kepulauan Seribu
    Fakta Unik Kepulauan Seribu selanjutnya adalah bahwa di beberapa pulau, terdapat makam ulama besar, makam raja dan makam tokoh penting penyebaran Islam di Jakarta tempo dulu. Misalnya saja makam ulama Yaman yang menyebarkan Islam di Jakarta pada abad ke-18. Nama lengkapnya adalah Habib Ali bin Ahmad bin Zein Aidid, disemayamkan di Pulau Panggang. Ada juga Pendekar Darah Putih, pejuang pulau Panggang yang sering melawan perompak juga dimakamkan di pulau Panggang. Lalu ada Makam Syarif Maulana Syarifudin seorang ulama yang meninggal dan dimakamkan di pulau Kelapa. Ada juga Sultan Mahmud Zakaria yang disemayamkan di Pulau Panjang.

  3. Ada Monas di Bawah Air
    Jakarta memang punya Monas sebagai ikon kota, dan ikon serupa juga ada loh di bawah laut Kepulauan Seribu. Tepatnya di Pulau Pramuka, ada Patung berbentuk Monas setinggi 2.5 meter dibentuk di bawah laut, bahan yang digunakan adalah bibit-bibit terumbu karang loh guys. Ternyata eh ternyata, pembangunan Monas di bawah laut ini sebagai kampanye memulihkan biotas laut di kepulauan Seribu.

  4. Nama Pulaunya Unik
    Sebagai kabupaten yang memiliki banyak pulau, setiap pulau di Kepulauan Seribu ini ternyata memiliki nama yang unik dan berbeda antara satu pulau dengan pulau lainnya. ada Pulau Tidung yang katanya dulu sebagai tempat pelarian dan berlindung (Tidung) dari penjajah Belanda. Terus ada pulau Ayer, Pulau Kotok, Pulau Kelapa, Pulau Harapan (ini mungkin pulau anti PHP ya), ada juga pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Onrust (artinya nggak pernah istirahat – Bahasa Belanda) dan masih banyak lagi.

  5. Tempat Konservasi Kekayaan Flora dan Fauna
    Kepulauan Seribu ini sering dijadikan sebagai tempat konservasi untuk melestarikan flora dan fauna sekitar pulau. Ada tempat pelestarian terumbu karang di pulau pramuka, yang di sana juga dibangun monas dari bibit terumbu karang. Lalu ada penangkaran penyu, hutan bakau/mangrove dan pelestarian flora-fauna lainnya.

  6. Mercusuar Bersejarah
    Fakta Unik Kepulauan Seribu terakhir tapi bukan akhir dari segalanya adalah bahwa di tempat bernama Pulau Edam, ada mercusuar tinggi yang sudah ada sejak tahun 1875. Tingginya mencapai 65 meter loh. Ada lagi di pulau Sabira, mercusuar bernama Noord Wachter atau Menara pengawas dibangun oleh Belanda pada tahun 1869. Ada juga yang lebih muda tapi tetap bersejarah. Ada di pulau Saktu, baru selesai dibangun pada 1981.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *