Fakta Unik Wisata Religi Masjid Agung Demak - KAWASAN.info
Wisata

3 Fakta Unik Wisata Religi Masjid Agung Demak Yang Harus Anda Tahu!

Jika tengah berkunjung ke Kabupaten Demak, jangan lupa untuk singgah sejenak di Masjid Agung Demak untuk menunaikan sholat atau beri’tikaf. Sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia, ada 3 Fakta Unik Wisata Religi Masjid Agung Demak yang anda harus tahu.

Terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid Demak berada di alun-alun dan pusat keramaian Demak. Anda tak akan sulit menemukannya karena bentuk bangunannya yang khas dan masih kuno.

  1. Tempat Berkumpulnya Wali Songo
    Raden merupakan Masjid kuno yang dibangun oleh Raden Patah, Raja pertama kesultanan Demak. Dibangun di abad ke 15, pembangunan Masjid dibantu para Walisongo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Raden Patah merupakan salah satu murid dari Sunan Ampel sejak masa pelariannya dari Palembang. Karena kedekatannya dengan Sunan Ampel, ia pun dekat pula dengan para Wali. Karna itulah, Masjid Demak menjadi salah satu tempat dimana Wali Songo berkumpul.

     

  2. Lambang Bulus di Dinding Pengimaman
    Bulus adalah hewan sejenis kura-kura. Secara filosofis, bulus yang menjadi sebuah prasasti di dinding pengimaman Masjid Demak yang memiliki arti Sarira Sunyi Kiblating Gusti. Secara harfiah bisa diartikan dengan dalam beribadah, perlu ketenangan dan berpikir jernih. Mencoba melihat hidup sebagai rahmat yang patut disyukuri. Prasasti yang diberi nama Surya Sengkala Memet dan menjadi Fakta Unik Wisata Religi Masjid Agung Demak, bulus juga menjelaskan tahun 1401 Saka  sebagai tahun pembangunan Masjid Agung Demak. Bagian tubuh bulus memiliki 4 bagian yaitu kepala, kaki, badan dan ekor. Kepala artinya 1, kaki bulus yang berjumlah 4 artinya 4, sementara badan bulus yang berbentuk bulat diartikan sebagai 0 dan terakhir, ekor bulus diartikan sebagai 1.

     

  3. Arsitektur Masjid Wujud Akulturasi Budaya
    Arsitektur Masjid yang dibangun adalah perwujudan akulturasi budaya. Selain didominasi oleh model arsitektur Jawa, Fakta Unik Wisata Religi Masjid Agung Demak, adalah bangunan masjid yang tak berkubah.

    Masjid Agung Demak Wujud Akulturasi Budaya, Jawa Tengah - KAWASAN.info

    Bagian atap Masjid berundak tiga yang maknanya adalah gambaran akidah Islam, yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Berbentuk limas dengan topangan delapan tiang yang disebut saka Majapahit, membuat bangunan Masjid Agung Demak lebih tampak seperti tempat peribadatan umat Hindu di jamannya. Bangunan masjid seluas 31 x 31 meter dan memili serambi seluas 15 x 31 meter layaknya bangunan kesultanan Jawa pada umumnya. Terdapat 128 tiang menjadi menyangga Masjid. Yang menarik dan menjadi Fakta Unik Wisata Religi Masjid Agung Demak adalah keempat tiang yang menjadi soko guru. Salah tiang tatal itu menjadi tanggung jawab Sunan Kalijaga.

Itulah 3 Fakta Unik Wisata Religi Masjid Agung Demak yang harus anda tahu. Jika anda hendak singgah. Berpakaianlah dengan sopan. Di bagian depan Masjid ada tulisan untuk selalu mengenakan pakaian yang sopan dan tidak mengumbar aurat jika berada di area Masjid. Jangan lupa untuk minta izin kepada penjaga Masjid jika ingin mengambil foto beberapa spot Masjid Agung Demak dan sempatkanlah sholat berjamaah untuk merasakan bagaimana syahdunya jamaah di Masjid yang menjadi tempat Walisongo berkumpul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *