Candi Muara Takus, Riau - KAWASAN.info
Wisata

5 Fakta Unik Wisata ‘Vihara Muara Takus’ Sejarah Terkubur Tanah di Riau

Jalan-Jalan ke Provinsi Riau,
Ambil Batu Jangan Lupa di Bungkus.

Kalau Mampir ke Daerah Riau,
Jangan Lupa Mampir ke Candi Muara Takus.

Informasi Kawasan Wisata Indonesia – Salah satu tempat yang wajib Anda catat ketika travelling ke daerah Riau Candi Muara Takus. Selain memiliki arsitektur yang cantik, candi ini juga sarat akan nilai-nilai sejarah. Ada banyak sejarah menarik dari Vihara (Candi) Muara Takus Riau.

Candi Muara Takus, Riau - KAWASAN.info
Candi Muara Takus, Riau. Photo: disparbud.kamparkab.go.id

Berikut, Fakta Unik Tentang Wisata Muara Takus!

  1. Candi Muara Takus, Candi Tertua di Pulau Sumatera

    Candi Muara Takus diduga menjadi candi tertua di Pulau Sumatera. Tepatnya menjadi satu-satunya peninggalan sejarah agama Budha di Riau. Para pakar mengira bahwa Candi Muara Takus Riau didirikan pada abad ke-4 hingga abad ke-11. Dimana candi ini menjadi salah satu bagian pusat pemerintahan kerajaan Sriwijaya.

  2. Ditemukan Tahun 1860, Oleh Arkelogi Belanda

    Candi Muara Takus Riau pertama kali ditemukan pada tahun 1860 oleh Cornel De Groot (Arkeologi asal Belanda). Beliau mengamati bahwa terdapat empat patung singa dalam posisi duduk pada setiap sudut. Patung singa tersebut menjadi salah satu bagian dari Candi Mahligai saat ini.

  3. Situs Warisan Dunia Oleh UNESCO Tahun 2009

    Candi Muara Takus resmi ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO 2009. Candi ini masuk masuk dalam kriteria ‘Masterpiece of Human Creative Genius’. Dalam catatan UNESCO, struktur bangunan Candi Muara Takus Riau sangat unik dan sangat berbeda dengan peninggalan sejarah lainnya. Pada prosesnya, Gubernur Riau membentuk tim khusus untuk meng-ekspose potensi dari Candi Muara Takus. Banyak dukungan dikumpulkan dari para penggiat sejarah, budayawan, pemerintah dan tokoh agama. Selanjutnya Candi Muara Takus dipresentasikan kepada pemerintah pusat untuk diajukan menjadi warisan dunia.

  4. Arti Nama Candi Muara Takus

    Terdapat dua pendapat berbeda yang mengatakan arti Candi Muara Takus. Pendapat pertama mengatakan bahwa Candi Muara Takus berarti diambil dari nama sebuah anak sungai kecil, Takus, disekitar candi tersebut. Aliran anak sungai takus tersebut bermuara di Sungai Kamar Kanan. Sedangkan pendapat kedua mengatakan bahwa Candi Muara Takus terdiri dari dua kata, yaitu Muara dan Takus. Muara dengan arti sesungguhnya muara, sedangkan Takus berasal dari Bahasa China. Ta berarti besar, Ku berarti tua dan Se berarti candi. Sehingga dapat diartikan candi tua yang besar yang terletak di muara sungai.

  5. Berbagai Macam Candi Muara Takus dan 3 Misteri Candi Lainnya

    Luas komplek candi ini sebenarnya belum dapat ditarik garis terang. Hanya saja terdapat tembok berbatu putih yang membatasi seluas 74 m x 74 m. Kompleks peribadatan bersejarah ini teridiri dari 4 candi, yaitu Candi Tua, Candi Bungsu, Candi Mahligai, dan Candi Palangka.  Diduga masih ada 3 candi yang masih terkubur dan menjadi misteri di baeah tanah.

    • Candi Tua

      Candi Tua atau Candi Sulung merupakan candi terbesar di komplek Candi Muara Takus Riau. Candi ini berukuran 32.8 m x 21.8 m. Posisinya berada di sebelah utara Candi Bungsu. Candi Tua Muara Takus ini terdiri dari bagian kaki I, kaki II, tubuh, pucak (stupa) dan sisi 36 buah.

    • Candi Bungsu

      Terletak di sebelah barat Candi Mahligai. Candi Bungsu Muara Takus terbuat dari jenis batu pasir (bagian depan) dan batu belakang (bagian belakang). Candi ini sempat dipugar pada tahun 1988 dan selesai pada tahun 1990. Tinggi candi ini mencapai 6.2 m dengan volume 365,8 m3.

    • Candi Mahligai

      Candi Mahligai merupakan satu-satunya candi dengan bentuk unik. Luasnya sebesar 10.44 m x 10.60 m, dengan tinggi mencapai 14.30 m. Pada bagian bawah, alasnya terdapat Teratai berganda dan bagian tengah menjulang menara yang menyerupai bentuk kelamin pria.

    • Candi Palangka

      Candi Palangka memiliki ukuran terkecil di area kompleks Candi Muara Takus Riau. Bangunan candi ini dibangun dari batu bata merah. Candi ini memiliki ukuran 6.6 m x 5.85 m x 1.45 m dengan total volume 52.9 m3.

Daftar Sajian Kuliner Khas Riau Yang Wajib Dicicipi
Daftar Olahan Makanan dan Minuman Khas Provinsi Riau

Sangat menarik ya fakta dan sejarah dari Candi Muara Takus Riau ini. Semoga bertambah ya wawasan dan referensi wisata sejarah anda mengenai candi-candi di Indonesia.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *