Fakta Menarik Geopark Ciletuh, Jawa Barat - KAWASAN.info
Wisata

5 Fakta Menarik Geopark Ciletuh, Wisata Alam Paling Eksotis

Sebagai tempat yang menyimpan tidak sedikit keanekaragaman budaya, hayati, bahari dan keindahan alam lain dalam setiap jengkal tempatnya. Kamu harus tahu bahwa tempat tersebut sudah menjadi tempat yang cukup populer sejak tahun 2018. Sukabumi-Jawa Barat, memang terkenal dengan keindahan Gurilapsnya (gunung, rimba, laut, pantai dan sungai).

Sebagai salah satu kabupaten yang luas wilayahnya terbesar di Jawa Barat. Sukabumi seolah tidak pernah kehabisan stok, menawarkan beraneka sajian wisata yang menarik minat pelancong domestic maupun asing. Cakupannya banyak, tersebar di seluruh wilayah dari mulai kota sampai ke sudut desa.

Hal inilah membuat Sukabumi menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur nanti. Diantara banyaknya tempat wisata yang menarik itu, ada 5 Fakta Menarik Geopark Ciletuh yang juga harus kamu ketahui.

Fakta Menarik Geopark Ciletuh, Jawa Barat - KAWASAN.info
Geopark Ciletuh, Jawa Barat. Photo: commons.wikimedia.org

Berikut, 5 Fakta Menarik Geopark Ciletuh!

  1. Tempatnya Banyak Curug Eksotis
    Bisa dibilang begitu karena dalam satu daerah geopark ciletuh ini terdapat banyak curug yang bisa kamu kunjungi. Mempunyai wilayah yang cukup luas, tinggi dan tentunya sangat indah. Bakalan nyesel kalau sampai terlewatkan, inilah yang menjadi banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi geopark ciletuh.

    Dari sekian banyak curug yang bisa kamu kunjungi, Salah satunya adalah Curug Cimarinjung yang langsung berhadapan dengan pantai palangpang, keindahan curug ini juga bisa dinikmati di Puncak Darma dan Pantai Palangpang.

  2. Punya 50 Situs Geologi
    Fakta Menarik Geopark Ciletuh selanjutnya adalah tempat ini memiliki 50 situs geologi yang tersebar dari Palabuhanratu sampai dengan Ciletuh. Dengan banyaknya tempat tersebut, selain berwisata kita juga bisa mempelajarinya untuk menambah wawasan kita. Ada satu tempat menarik yang diberi nama Panenjoan (dalam Bahasa Sunda berarti tempat untuk melihat) di tempat tersebut wisatawan bisa melihat jelas beberapa situs geologi yang berdiri megah di kawasan itu.

  3. Nasional dan Internasional
    2015 lalu, surga wisata geografis ini diangkat statusnya dari tempat wisata biasa menjadi Geopark Nasional. Itu karena pada tempat tersebut memiliki banyak keanekaragaman tempat geologi yang menarik untuk dipelajari.  Batuan-batuan yang unik, aliran sungai, sampai dengan air terjun dan beberapa budaya lainnya menjadikan tempat tersebut sangat penting untuk dipelajari sebagai wisata geografi.

    Dan pada tahun 2018, statusnya naik lagi menjadi UNESCO Global Geopark. Dengan menambahkan cakupan yang lebih luas sampai ke Palabuhanratu dan Ujunggenteng. Kenaikan status ini mengingat memang di daerah yang meliputi 8 kecamatan dan 74 desa ini memang memiliki tempat menarik alami yang layak untuk dikunjungi.

  4. UNESCO Global Geopark
    April 2018 lalu, CIletuh Palabuhanratu secara resmi menyandang predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) selama 5 Tahun. Hal ini menjadikan Ciletuh Geopark kini bertaraf Internasional. Bukan lagi wisata geologi yang tarafnya daerah atau nasional. Pemberian status UGG selama lima tahun ini sebetulnya bisa diperpanjang menjadi permanen, asalkan pemerintah setempat bisa mewujudkan 13 rekomendasi terkait penyediaan sarana yang mudah dijangkau dan bisa memajukan ekonomi daerah tersebut.

  5. Indonesia Cuma Punya Tiga
    Hal menarik lain yang sangat perlu kamu ketahui tentang Geopark Ciletuh ini adalah di Indonesia sendiri, geopark itu hanya ada tiga yang berstatus sebagai UNESCO Global Geopark. Walaupun sebetulnya ada lebih dari 30 geopark di Indonesia, tetapi selain yang tiga itu, semuanya berstatus sebagai geopark nasional saja.

    Fakta Menarik Geopark Ciletuh ini tentu membuat Geopark menjadi semakin spesial dan harus menjadi perhatian semua orang supaya bisa tetap terjaga keindahan alamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *