Benteng Otanaha, Gorontalo - KAWASAN.info
Wisata

6 Fakta Menarik Tentang Benteng Otanaha Gorontalo

Informasi Kawasan Wisata Indonesia – Bangsa Portugis sudah tidak asing di telinga masyarakat indonesia. Bangsa yang pernah menjajah Indonesia dalam beberapa abad lamanya yang sekarang hanya menjadi kenangan dan meninggalkan jejak sejarahnya di tanah Gorontalo. Salah satu bukti peninggalan sejarahnya adalah termasuk benteng otanaha yang ada di Gorontalo ini. Berikut adalah Ulasan Menarik Dari Benteng Otanaha yang wajib di ketahui faktanya.

Benteng Otanaha, Gorontalo - KAWASAN.info
Benteng Otanaha, Gorontalo. Photo: traverse.id

Berikut, Beberapa Fakta Menarik dari Benteng Otanaha Gorontalo!

Tidak hanya menjadi situs  bersejarah, tetapi benteng Otanaha ini menjadi objek wisata yang banyak menyimpan cerita menarik dan merupakan tempat  unik  yang wajib dikunjungi para wisatawan. Berikut adalah daftar fakta menariknya!

  1. Benteng Yang Menjadi Jejak Kedatangan Portugis di Gorontalo

    Benteng Otanaha adalah benteng yang menjadi jejak persinggahan bangsa portugis dalam proses pencarian rempah-rempah di nusantara. Pada saat pendirian ketiga benteng tersebut, wilayah Gorontalo datarannya masih diliputi oleh air laut, jadi itu memudahkan mereka dalam melabuhkan bahan material untuk mendirikan benteng tersebut.

    Lalu atas izin dan kesepakatan dari Raja Limboto Portugis berhasil mendirikan benteng pertahanan tersebut. Namun, hubungan Portugis dan Limboto tak berlangsung lama karena bangsa Portugis sering melanggar kedudukan dan adat istiadat dari Gorontalo. Dan akhirnya Portugis meninggalkan Sulawesi, tetapi benteng tersebut masih berdiri kokoh sampai saat ini.

  2. Lokasi Letak Benteng Otanaha, Gorontalo

    Letak dari Benteng Otanaha adalah di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Fakta Menarik Dari Benteng Otahana adalah posisi benteng ini sangat strategis karena langsung berhadapan dengan Danau Limboto.

    Setelah sampai di lokasi Anda akan disuguhkan hamparan luas pemandangan hijau yang indah. Karena terletak di dataran tinggi, keindahan bentang alamnya pun dengan perbukitan hijau yang berpadu dengan bangunan bersejarah sungguh menyegarkan mata yang melihat.
     

  3. Penamaan Benteng Otahana dalam Sejarah

    Asal-usul penamaan benteng ini ternyata tidak jauh dari nama keturunan pendirinya yang mengandung nilai sejarah. Sebuah nama pasti mengandung makna yang berarti, jadi tempat objek wisata manapun tidak asal-asalan dalam memberikan nama. Nama Otanaha sendiri merupakan gabungan dua kata yaitu, Ota yang bermakna benteng, sedangkan Naha adalah nama anak dari pendiri benteng ini yaitu Raja Ilato.

  4. Bentuk Segi Bangunan Yang Unik
    Benteng ini memiliki ketinggian yaitu sekitar 7 meter dan berdiameter sekitar 20 meter. Serta terdapat dua benteng lainnya yang saling tersambung yaitu, Benteng Ulupahu dan Benteng Otahiya. Yang menjadi Fakta Menarik Dari Benteng Otahana adalah unsur bangunan pada bebatuan tersebut hanya dilekatkan menggunakan putih telur burung Maleo saja, burung khas Sulawesi. 

  5. Rute Menuju Benteng Harus Mendaki 325 Anak Tangga

    Fakta Menarik Benteng Otahana lainnya adalah, untuk sampai di lokasi Benteng Anda harus siap mendaki anak tangga sebanyak 325 selama naik dan turun, dengan estimasi waktu tempuh sekitar 10 menit, tergantung kuat tidaknya fisik Anda ya. Tetapi setiba dipuncak lelah Anda akan terbayar oleh bentangan alamnya yang indah.

  6. Beberapa Fasilitas Yang Tersedia di Benteng Otahana

    Terdapat juga fasilitas diantaranya adalah beberapa pondok yang sudah disediakan untuk berteduh. Bagi para pecinta alam dan fotografer wajib terdapat spot-spot foto yang keren dan unik. Beserta beberapa taman untuk bersantai dengan keluarga.

Rekomendasi Makanan Khas Gorontalo

Sungguh menakjubkan bukan perpaduan alam dan sejarahnya dari Benteng Otahana tersebut? Nah jika Anda berkunjung kesana jangan lupa membawa bekal yang diperlukan agar kuat saat mendaki anak tangganya ya. Itulah, beberapa Fakta Menarik dari Benteng Otahana yang wajib Anda ketahui sejarahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *