Pantai Nihiwatu, Sumba, NTT - KAWASAN.info
Wisata

Mengenal Sumba dan Objek Wisata Alamnya Yang Menawan

Informasi Kawasan Wisata Indonesia – Sebagai pelancong, sangat penting bagi Anda untuk Mengenal Sumba dan Objek Wisata Alamnya yang begitu populer dan memesona. Perlu Anda ketahui, Sumba merupakan salah satu pulau yang berada di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terkenal dengan potensi kekayaan wisatanya berupa pesisir pantai, padang rumput dan juga kawasan perbukitan yang mempesona.

Mengenal Sumba dan 4 Objek Wisata Alamnya Yang Perlu Anda Kunjungi!

Berbicara tentang Nusa Tenggara Timur tidak akan lengkap tanpa mengulas tentang Sumba. Pulau Sumba dikenal sebagai salah satu kawasan di bagian Indonesia Tengah dengan keindahan panorama alamnya yang populer hingga ke mancanegara. Pesona laut dan panorama alamnya yang indah telah membuat banyak pelancong tertarik untuk berkunjung ke Sumba. Jika Anda juga termasuk pelancong yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak mengenai destinasi wisata yang ada di Pulau Sumba, berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Pantai Walakiri

    Rekomendasi kawasan wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika melancong ke Sumba adalah Pantai Walakiri. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang sangat terkenal di Sumba. Secara geografis, destinasi wisata yang satu ini terletak di kawasan Sumba Timur dan hanya berjarak sekitar 24 km saja dari Kota Waingapu.

    Pantai Walakiri, Sumba, NTT - KAWASAN.info
    Pantai Walakiri, Sumba, NTT. Photo: indonesiakaya.com


    Anda perlu Mengenal Sumba dan Objek Wisata Alamnya berupa Pantai Walakiri ini karena pantai ini menyajikan panorama keindahan alam yang sangat unik dan juga menarik dengan pemandangan yang khas. Selain hamparan pantai, kawasan ini juga terdapat hutan bakau dan barisan pohon kelapa berpadu dengan indahnya pasir putih yang cantik jelita.

  2. Danau Weekuri

    Tempat wisata di kawasan Sumba yang berikutnya adalah Danau Weekuri. Danau yang satu ini cukup unik karena terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang. Danau yang sangat unik ini memiliki kedalaman yang bervariasi mulai dari 30 cm hingga 2.5 meter. Namun pada saat kondisi pasang, kedalamannya bisa mencapai hingga 5 meter.

    Danau Weekuri, Sumba, NTT - KAWASAN.info
    Danau Weekuri, Sumba, NTT . Photo: id.wikipedia.org


    Danau Weekuri yang memiliki air asin ini dikelilingi oleh kumpulan bebatuan yang sangat cantik. Hal unik yang bisa Anda jumpai di danau ini adalah adanya gradasi warna pada beberapa titik. Gradasi warna tersebut berupa biru, hijau, dan putih yang terlihat begitu memesona. Danau ini sendiri berlokasi di Kaleena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

  3. Bukit Wairinding

    Anda tidak perlu heran apabila Sumba memiliki destinasi wisata yang didominasi oleh panorama alam. Hal ini sesuai dengan kondisi geografis yang dimiliki oleh Pulau Sumba itu sendiri. Selain wisata pantai, Sumba juga dikenal dengan destinasi wisata berupa kawasan perbukitan yang sangat cantik. Salah satunya adalah Bukit Wairinding.

    Bukit Wairinding, Sumba, NTT - KAWASAN.info
    Bukit Wairinding, Sumba, NTT. Photo: indonesiakaya.com


    Bukit Wairinding menjadi salah satu perbukitan yang cukup terkenal di Sumba karena menyajikan panorama yang sangat memesona. Dari tempat ini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise dan juga sunset dari puncak bukit.

  4. Pantai Nihiwatu

     

    Pantai Nihiwatu, Sumba, NTT - KAWASAN.info
    Pantai Nihiwatu, Sumba, NTT. Photo: idntimes.com


    Pantai Nihiwatu dikenal sebagai pantai di kawasan Sumba dengan ombak yang cukup ganas. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila banyak peselancar yang tertarik untuk menaklukan ombak dari Pantai Nihiwatu di Sumba ini. Bahkan dikatakan bahwa ombak di pantai ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia sehingga sangat cocok digunakan untuk berselancar.

Demikianlah ulasan Mengenal Sumba dan Objek Wisata Alamnya yang perlu Anda kunjungi. Kini dengan beberapa rekomendasi yang telah disampaikan di atas, Anda bisa menemukan objek wisata menarik di kawasan Sumba dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *