Gentala Arasy, Jambi - KAWASAN.info
Wisata

8 Fakta Unik Tentang Gentala Arasy Jambi

Informasi Kawasan Wisata Indonesia – Apakah Anda pernah mendengar nama Gentala Arasy? Jangan lewatkan nama ikonik ini jika anda berkunjung ke Kota Jambi. Ada banyak fakta dan sejarah menarik yang menjadikan Gentala Arasy Kota Jambi.

Gentala Arasy, Jambi - KAWASAN.info
Gentala Arasy, Jambi. Photo: jambiprov.go.id

Berikut, 10 Fakta Unik Gentala Arasy Yang Perlu Anda Ketahui!

  1. Arti Nama Gentala Arasy

    Gentala Arasy sebuah nama yang unik. Genta berarti suara dan Tala berarti keselarasan. Gentala sendiri merupakan sebuah singkatan ‘Gena Tanah Lahir’. Sebuah persembahan kehormatan untuk mantan Guberner Jambi, Abdurahman Sayuti.

     

    Sedangkan Arasy memiliki arti memancar ke langit. Hal ini merupakan simbolis memancarkan doa ke tempat tertinggi Allah SWT (Arsy) di langit. Dimana di dalam musem Gentala Arasy terdapat lonceng yang berbunyi ketika memasuki waktu shalat.

  2. Terdiri dari Jembatan dan Menara

    Gentala Arasy merupakan sebuah nama untuk jembatan dan Menara. Terdapat jembatan Gentala Arasy dan Menara Gentala Arasy jika anda mengeceknya di Google Maps. Anda tidak perlu bingung, letak menara Gentala Arasy berada di ujung jembatan disadari, bentuk lintasan jembatan Gentala Arasy ini berliku seperti membentuk huruf ‘S’.

  3. Gentala Arasy Simbol Pusat Penyebaran Agama Islam di Kota Jambi

    Menara Gentala Arasy memiliki tinggi mencapai 80 meter. Menara ini juga dimanfaatkan sebagai museum islam di Kota Jambi. Pada bagian puncak luar menara terdapat 4 buah jam besar pada setiap sisinya. Hal ini sebagai simbolis penunjuk waktu shalat bagi umat muslim.

  4. Mushaf Raksasa di Museum Gentala Arasy Jambi

    Siapa yang sangka kalau di dalam museum Menara Gentala Arasy tersimpan banyak benda bersejarah dan fenomenal. Salah satunya saja mushaf terbesar dengan ukuran 180 cm x 170 cm. 30 Juz dalam mushaf tersebut ditulis langun menggunakan tangan. Selain itu, museum ini mengoleksi uang logam dari kerajaan-kerajaan di Nusantara.

  5. Gentala Arasy Jambi di Bangun Selama 3 Tahun

    Siapa yang tau kalau umur Gentala Arasy belum mencapai 1 Dekade? Pasalnya ikon wisata Kota Jambi baru mulai dibangun pada tahun 2012 hingga 2014. Proyek pembangunan ini dilakukan semasa Kepemimpinan Gubernur Hasan Basri Agus. Pada tahun 2015, Gentala Arasy diresmikan oleh Bapak M. Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI Ke-6.

  6. Jembatan Gentala Arasy Menghubungkan Tepian Tanggo Rajo dan Jambi Kota Seberang

    Jembatan ini membentang di atas Sungai Batanghari dengan lebar sungai lebih dari 400 meter. Dahulu, para penduduk perlu mengandalkan perahu kapal untu menyebrang dari Tepian Tanggo Rajo ke Jambi Kota Seberang atau sebaliknya. Dengan adannya jembatan ini, masyarakat dapat menyebarang kapan pun secara gratis.

  7. Panjang Jembatan Gentala Arasy Mencapai 503 Meter

    Panjang Jembatan Gentala Arasy Jambi mencapai 0,5 km loh. Dengan lebar jembatan 4,5 meter, jembatan ini hanya bisa diakses untuk para pejalan kaki. Durasi waktu yang dibutuhkan hanya 10 menit berjalan kaki untuk menyebrang dari satu sisi ke sisi lainnya.

  8. Kunjungi Jembatan Arasy Ketike Sore dan Malam Hari

    Jika ada berminat menikmati angin sepoi-sepoi di atas Sungai Batanghari, Jembatan Gentala Arasy pilihan yang tepat. Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis untuk menikmati suasananya. Waktu terbaik menikmati Sungai Batanghari dari Jembatan Gentala Arasy Jambi adalah ketika sore dan malam hari.

    Anda bisa menikmati mata hari tenggelam, pantulan cahaya matahari di atas air, sembari mendengar sayup-sayup aktivitas masyarakat lokal. Jika anda berkunjung pada malam hari, Gentala Arasy akan dihiasi lampu-lampu indah disepanjang lintasannya. Pemandangan indah ini tentu bisa anda abadikan di kamera anda. Jika anda mulai merasa lapar, banyak penduduk lokal yang menawarkan kuliner khas Jambi.

Rekomendasi Makanan Nikmat Khas Jambi

Bagaimana? Anda berminat menjadi Gentala Arsy Jambi sebagai wishlist destinasi wisata ketika berkunjung ke Jambi? Demikian 8 Fakta Unik Gentala Arasy Jambi, siapa tahu bisa menggugah Anda untuk berwisata ke Kota Jambi.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *