Suaka Badak Ujung Kulon, Banten - KAWASAN.info
Wisata

4 Fakta Menarik Tentang Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Informasi Kawasan Wisata Indonesia – Anda pasti sudah pernah mendengar nama tempat Taman Nasional Ujung Kulon Banten. Saat mendengar nama tersebut, apa yang terlintas di benak Anda? Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang terletak di Provinsi Banten atau ujung Pulau Jawa. Tempat ini difungsikan untuk melestarikan berbagai jenis Flora dan Fauna yang ada di dalamnya. Di dalam taman nasional ini terdapat berbagai jenis satwa liar, baik yang bersifat endemik ataupun penting untuk dilindungi.

Tak hanya sebagai tempat suaka saja, tetapi Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, taman ini juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai Taman Nasional Ujung Kulon.

Berikut, Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon Yang Perlu Anda Ketahui!

  1. Berasal Dari Tsunami Akibat Erupsi Krakatau

    Wilayah Taman Nasional Ujung Kulon pada awalnya adalah daerah pemukiman warga yang juga telah memiliki kekayaan Flora dan Fauna. Namun pada 1846, kawasan ini dilanda Tsunami yang diakibatkan oleh erupsi Gunung Krakatau sehingga menjadi porak-poranda. Setelah beberapa tahun terjadinya tsunami, wilayah ini kemudian tumbuh kembali dengan baik. Ekosistem-vegetasi dan satwa liar yang ada di Ujung Kulon tumbuh dan berkembang dengan baik.

     

  2. Jenis Flora & Fauna Yang Beraneka Ragam

    Seperti yang diketahui, Taman Nasional Ujung Kulon dikenal sebagai cagar alam yang memiliki keberagaman Flora dan Fauna. Keanekaragaman Flora ditunjukkan dengan adanya berbagai jenis hutan, yang meliputi hutan pantai, hutan rawa air, padang rumput, serta hutan lain yang memiliki vegetasi berbeda. Dengan mengetahui keberagaman jenis hutan tersebut maka tak heran apabila Taman Nasional ini memiliki 700 jenis Flora.

    Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon lainnya ada pada Faunanya. Fauna yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya badak bercula satu saja, tetapi sangat beragam. Terdapat 608 jenis Fauna yang berbeda dengan kekhasan masing-masing yang mendiami wilayah ini. Contoh Fauna yang ada di Ujung Kulon adalah Owa Jawa, Anjing Hutan, Surili dan berbagai jenis ikan.

    Suaka Badak Ujung Kulon, Banten - KAWASAN.info
    Suaka Badak Ujung Kulon, Banten. Photo: dw.com


    Dengan adanya berbagai jenis hutan ini akan terus mendukung pelestarian Fauna yang ada, begitu juga sebaliknya. Selain itu, diantara keberagam tersebut ternyata ditemukan banyak spesies langka, baik itu Flora ataupun Fauna yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon.

  3. Memiliki Objek Wisata

    Selain menjadi cagar alam bagi Flora dan Fauna yang ada di dalamnya, Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon lainnya adalah memiliki banyak objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Objek wisata yang ada di kawasan ini didominasi oleh objek wisata alam yang memiliki kekhasan tersendiri.

    Taman Nasional Ujung Kulon, Banten - KAWASAN.info
    Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Photo: bantenprov.go.id


    Beberapa objek wisata Taman Nasional Ujung Kulon yang cukup populer dan bagus untuk dikunjungi, antara lain Pulau Handeulum yang terkenal karena keberadaan rel yang mengarah ke lautan, Pulau Panaitan yang menjadi surga bagi penunggang ombak, Pulau Peucang yang memiliki wahana dan fasilitas bermain air yang lengkap serta Gunung Honje yang memiliki beberapa sumber air panas dan curug nan indah.

  4. Termasuk Natural World Heritage Site

    Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon lainnya adalah bahwa tempat suaka ini termasuk ke dalam Natural World Heritage Site yang ditetapkan oleh Komisi Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1992. Hal tersebut didasari atas penilaian UNESCO bahwa Ujung Kulon mempunyai hutan dataran rendah terbaik dan terluas yang tersisa di Pulau Jawa.

    Alasan lain penetapan tersebut adalah keberagaman Flora dan Fauna di wilayah ini. Keragaman tersebut juga menunjukkan bahwa telah terjadi evolusi semenjak letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Daftar Makanan Nikmat Khas Banten

Taman Nasional Ujung Kulon saat ini telah menjadi salah satu aset negara yang bernilai penting karena hal-hal yang telah disebutkan di atas. Dengan mengetahui Fakta Menarik Taman Nasional Ujung Kulon, apakah Anda berniat untuk berkunjung dan turut melestarikan Flora dan Fauna yang ada?

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *