Batu Belimbing Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung - KAWASAN.info
Wisata

Liburan Minim Budget: 4 Rekomendasi Wisata Alam Gratis di Bangka Belitung

Wisata Indonesia, berlibur selalu terkesan dengan membuang-buang uang. Daftar Rekomendasi Wisata Alam Gratis di Bangka Belitung berikut adalah opsi bagi anda yang sangat membutuhkan liburan namun tidak ingin tabungan terkuras habis.

Berikut, Rekomendasi Wisata Alam Gratis di Bangka Belitung!

Wisata-wisata alam yang bisa me-refresh otak dan pikiran terlepas sejenak dari kegiatan rutinitas.

1. Batu Belimbing Bangka Selatan

Rekomendasi Wisata Alam Gratis di Bangka Belitung yang berbau geowisata adalah Batu Belimbing Bangka Selatan. Mengangkat sebuah tema wisata yang berbau batuan dan geologi, Wisata Indonesia ini menyuguhkan bebatuan besar yang teriris menyerupai buah belimbing. Diprediksi bahwa irisan-irisan pada bebatuan ini terjadi karena batu-batu terpapar oleh air hujan selama bertahun-tahun lamanya.

Batu Belimbing Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung - KAWASAN.info
Batu Belimbing Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Photo: kompasiana.com

Karena keunikannya dan merupakan wisata terbuka, Batu Belimbing Bangka Selatan ini sering dikunjungi oleh warga sekitar sekedar untuk menghilangkan penat.  Akses wisata ini tidaklah jauh dari pusat kota, hanya dengan waktu 5-10 menit dari Kota Toboali maka anda sudah dapat mencapai tempat wisata ini. Tepatnya lokasi ini terletak pada Desa Tanjung Ketapang.

2. Danau Kaolin Belitung

Danau Kaolin, Kepulauan Bangka Belitung. Photo: gosumatra.com

Seperti namanya, Kaolin adalah salah satu mineral hasil tambang. Danau Kaolin Belitung merupakan danau yang terbentuk dari aktivitas tambang yang memiliki air berwarna kebiruan cerah dengan endapan mineral putih yang berlokasi di Perawas, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Batu Belimbing Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung - KAWASAN.info
Danau Kaolin, Kepulauan Bangka Belitung. Photo: lotuswisatabelitung.com

Bekas galian tambang tersebut sering dijuluki sebagai kolong oleh masyarakat setempat. Air yang terlihat di Danau Kaolin tidak hanya berwarna biru, warna biru pada danau menunjukkan bahwa aktivitas tambang atau kolong muda sekitar 10 tahun. Sedangkan jika warna air dalam kolong adalah hijau gelap dan coklat maka kolong tersebut lebih tua lagi.  

3. Wisata Bukit Pinteir

Berjarak sekitar 25 menit dari pusat kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, sedangkan jika berangkat dari Bandara Depati Amir maka waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 30 menit. Sesampainya di alamat lokasi, pengunjung  perlu untuk mendaki di atas jalan setapak tanah asli sejauh 2,2 km.

Bukit Pinteir, Kepulauan Bangka Belitung - KAWASAN.info
Bukit Pinteir, Kepulauan Bangka Belitung. Photo: jelajahbangka.com

Terbentang sejauh 5 hektare, wisata Bukit Pinteir tidak hanya digunakan untuk ber-swafoto saja. Pengunjung bisa menyaksikan keindahan hamparan hijau pepohonan dari atas bukit. Anda juga bisa menggunakan gazebo dan camping ground yang ada untuk berkemah bersama-sama.

4. Pantai Pukan

Berlokasi di Jalan Lintas Timur, Selindung, Kecamatan Gablek, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Pantai Pukan menjadi favorit bagi warga sekitar. Meskipun belum sepopuler pantai-pantai lain yang ada di Bangka Belitung, Pantai Pukan adalah pantai yang landai dan cocok dikunjungi bersama anak-anak. Kelandaian dari pantai ini disuguhkan sekaligus dengan deretan pohon cerama sejuk dan rindang juga hembusan angin semilir.

Pantai Pukan, Kepulauan Bangka Belitung - KAWASAN.info
Pantai Pukan, Kepulauan Bangka Belitung. Photo: storiesonbabel.com

Terdapat tempat makan, fasilitas tempat ibadah, WC dan bilas mandi menjadikan pengunjung gemar berenang di pantai ini. Pesona dari hamparan pasir putih sangatlah luas di Pantai Pukan ini.

Saat pantai sedang surut, pemandangan yang terlihat bagaikan padang pasir putih dengan cekungan air di beberapa titik. Fasilitas tambahan yang ada di pantai ini adalah ATV yang bisa digunakan untuk berkeliling di luasan pesisir Pantai Pukan.

Kuliner Khas Bangka Belitung, Kamu Wajib Coba!

Itulah, Rekomendasi Wisata Alam Gratis di Bangka Belitung yang bisa anda rencanakan dari sekarang untuk mengunjunginya di saat liburan atau hari besar nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.