Daerah Istimewa Yogyakarta - KAWASAN.info
Wisata

5 Fakta Tersembunyi Yogyakarta Yang Tidak Banyak Diketahui

Informasi Kawasan Wisata Indonesia – Yogyakarta menyimpan banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi sendiri maupun dengan keluarga. Namun dibalik itu, ternyata ada Fakta Tersembunyi Yogyakarta yang tidak diketahui wisatawan. Ada apa saja sih diantara yang lima itu? Yuk kita cek satu persatu.

Daerah Istimewa Yogyakarta - KAWASAN.info
Daerah Istimewa Yogyakarta. Photo: javaheritagetour.com

Sebagai daerah bersejarah, kota pelajar dan kota yang menjadi rujukan banyak orang untuk lebih mengenal Indonesia lewat beberapa ikon penting yang ada di sana. Ternyata menyimpan 5 Fakta Tersembunyi Yogyakarta yang tidak terlalu banyak diketahui orang. Khususnya wisatawan yang baru pergi ke sana. Untuk lebih lengkapnya, kita kupas saja satu persatu setiap faktanya.

Berikut, 5 Fakta Tersembunyi Yogyakarta!

  1. Sebagai Miniature Indonesia
    Ada banyak universitas yang lahir di wiliayah ini. Menjadi cikal bakal universitas-universitas di seluruh negeri. Banyak orang datang ke Jogja untuk berwisata tapi lebih banyak lagi yang datang untuk menuntut ilmu atau menetap mejadi warga Jogja.

    Hampir semua kalangan ada, dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Meskipun di Jogja ini kebanyakan dihuni oleh orang dengan suku Jawa, tetapi karena letaknya yang strategis, tempat pas untuk menjadi pelajar, dan keunggulan lainnya, menjadikan Jogja menjadi tempat yang ramah dan aman untuk dihuni oleh orang di luar suku Jawa.

    Saking banyaknya, beragam suku dan kalangan yang datang dan menetap di Jogja, seolah menjadikan kota ini sebagai minaturnya Indonesia. Kita bisa menemukan wajah Indonesia di sana, mewakili keyakinan besar yang ada di Indonesia, suku, adat, dan ciri Indonesia lain di dalamnya.

  2. Kerajaan
    Pernah nggak sih denger berita menyiarkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih Gubernur di Yogyakarta? Belum pernah kan, salah satu Fakta Tersembunyi Yogyakarta yang tidak diketahui orang luar adalah Yogyakarta ini masih menerapkan sistem kerajaan dalam wilayahnya. Tanpa menjadi pemberontak, atau menjadi bagian lain dari Indonesia.

    Yogyakarta adalah satu-satunya Provinsi di Indonesia yang dalam pemerintahannya masih menggunakan sistem kerajaan. Setiap raja yang memimpin Yogyakarta akan otomatis menjadi Gubernur Jogja. Pusat Pemerintahannya juga masih terletak di Keraton Jogja. Sebuah tempat yang sedari ratusan tahun lalu memang dijadikan pusat pemerintahan daerah tersebut.

  3. Garis Lurus Merapi, Keraton dan Pantai Selatan
    Mungkin sudah banyak orang mengetahui bahwa di Yogyakarta itu ada tempat bernama Gunung Merapi, ada juga tempat bernama Keraton Jogja, dan memiliki Pantai Selatan yang salah satunya adalah Pantai Parangtritis.

    Tetapi ternyata tidak banyak yang tahu bahwa jika kita melihat peta dan menarik garis diantara Pantai Selatan, Keraton dan Gunung Merapi. Maka akan terbentuk garis lurus! Banyak orang beranggapan ada maksud mistis kenapa tempat tersebut memiliki garis yang lurus pada peta.

  4. Punya Banyak Nama
    Yogyakarta ini karena banyaknya orang yang berkunjung, pelapalan dan penyebutan nama Yogyakarta pun jadi beragam. Ada yang menyebutnya Yogyakarta, Jogjakarta, Ngayogokerto, Djogja atau Ngayogyakarta hadingrat. Semuanya sama sih ya, beda tempat dan masanya saja.

  5. Menjadi ‘Destination To Go’ Yang Disematkan Oleh Majalah New York Times
    Fakta Tersembunyi Yogyakarta terakhir yang harus kamu tahu adalah bahwa kota ini pernah menjadi kota yang harus dikunjungi oleh majalah New York times pada tahun 2014. Bangga dong ya kota yang ada di Indonesia ini menjadi kota yang disarankan oleh majalah ternama Amerika untuk dikunjungi.

Makanan Khas Yogyakarta dan Tempat Membelinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *